Semoga Alloh menebarkan rasa ingin yg sangat mendalam untuk membaca artikel Inspiratif ini dihati hati antum yg haus inspirasi tauhid al-islam. Sahabat. Subuh, adalah waktu yg mengagumkan, kebahagian ditebarkan kepada setiap jiwa jiwa yg telah terbangun dan menikmati permulaan hari itu.. izinkan pagi ini ana mengajak kalian kepada satu perenungan.. ana yaqin ini akan menjadi inspirasi luar biasa yg akan memberi energi positif dan MEMPERKOKOH AKIDAH kita,selamat menikmati catatan ini.

Sahabat. Tepat saat ini kita akan sama sama berkeliling dunia, dalam sepuluh menit kedepan, pusatkan fikiran, dan fokus pada setiap kalimat kalimatnya. Bayangkan saat ini kita berada di irian (bagian timur indonesia), jam 4.30 pagi… saat fajar menyingsing dan kemudian keheningan malam dipecahkan suara adzan,
Jika saat itu kita berada disana, jam berapakah di Bali (indonesia tengah?) tentu masih 3.30 dan di daerah jawa sumatra 2.20. Nah, ribuan suara adzan yg terlantun dari masjid masjid itu terus merayap dari irian – NTB – maluku – sulawesi – bali – Jawa – sumatra….. sebelum adzan ini berakhir di aceh (indonesia barat) Adzan sudah dimulai di Malaysia….
Kemudian mengalir kenegara Burma, dan satu jam dari adzan di Jakarta, adzan sudah sampai di Dacca, ibu kota Bangladesh .. Setelah Bangladesh , adzan mulai terdengar di India , dari daerah Calcutta sampai Srinagar . Terus berlanjut ke Bombay dan daerah daerah di seluruh india, nepal dan sebagian monggolia yg satu waktu. Srinagar dan Sialkot (sebuah kota di timur Pakistan) juga memiliki waktu yg sama untuk waktu Adzaan. Perbedaan waktu antara Sialkot , Quetta , dan Karachi adalah 40 minutes, dan dalam waktu ini , Adzan terdengar diseluruh Pakistan . Sebelum adzan berakhir di pakistan, Adzan itu sudah terdengar di Afghanistan dan Muscat .
Perbedaan antara Muscat dan Baghdad adalah satu Jam. Azaan Adzan kembali terdengar dalam kurun satu jam ini di wilayah Makkah dan Madinah, Negeri Yaman , Dubai, Kuwait dan Iraq .
Dan perbedaan waktu antara Baghdad dan Mesir adalah satu jam juga. Azaan berlanjut terdengar di Syria, mesir, Somalia dan Sudan (Afrika) dalam satu jam ini. Perbedaan waktu antara timur dan barat Turky adalah 1,5 jam, sementara Alexandria (mesir) dan Tripoli (ibu kota Libya) berlokasi dengan perbedaan waktu tepat satu jam. Kemudian adzan terus terdengar di seluruh negri negeri muslim di AFRIKA.
subhanalloh… ini berlanjut terus ke eropa, samudra atlantik dan menyebrang ke masjid masjid di amerika pasifik, negara negara kepulauan hawai, papua nugini dan tiba lagi di irian jaya?
ALLAHUAKBAR! SUNGGUH SATU PENCIPTAAN YG LUAR BIASA. LA ILAAHA ILLALLOH!
Masih baca? Alhamdulillah…
sahabat, ketika adzan shubuh tadi memasuki samudra atlantik (daerah ingris dan norwegia), Adzan DZUHUR sudah dimulai di Indonesia timur, dan sebelum adzan duhur mencapai wilayah Dacca , Ashar sudah dimulai di indonesia timur. Ketika muadzin di indonesia mulai mengajak salat SHUBUH, muadzin muadzin di afrika mulai adzan ISHA.
Terfikir gak bahwa ternyata suara adzan itu sambung menyambung di seluruh permukaan bumi dari waktu kewaktu sepanjang massa…..
ALLOHUAKBAR!!!
Saat ini, jam digital di laptop menunjukan jam 2:45 (waktu riyadh, saudi arabia) masih menunggu kurang lebih 2 jam lagi menuju adzan shubuh… sedangkan di indonesia saat ini sudah mulai memasuki shalat dhuha?

maha suci allah dengan segala Firmannya.

semoga kita diberikan taufik dan hidayah untuk bisa memahami ayat ayat Nya yang terhampar luas dibumi dan dilangit.

artikel terkait :

antara cinta, dunia dan akhirat

kisah hidup seorang putra khalifah

semesta pun kehilangan pelita terindahnya

MANUSIA YANG PALING SEMPURNA