Maha suci allah, yang telah menciptakan tubuh sempurna ini.

Anggota tubuh kita akan berbicara dan bersaksi terhadap kita nantinya seperti disebutkan didalam Quran surat An nur – 24 serta surat yassin -36 lidah tangan dan kaki akan berbicara.
Allah mempercayakan anggota tubuh tersebut pada kita dengan harapan akan dipergunakan untuk melakukan perbuatan baik, namun banyak dari kita yang menyalah gunakannya dengan melakukan perbuatan yang keji dan mungkar serta sangat dimurkai Allah SWT, sesungguhnya pada hari akhir nanti kita harus mempertanggung jawabkan perbuatan kita dimana anggota tubuh tersebut akan memberikan kesaksiannya terhadap kita.
7 anggota tubuh yang memiliki keburukan untuk kehidupan manusia selama didunia ini, jagalah kesemua itu niscaya semuanya akan menjagamu kelak,diantara yang harus dijaga itu adalah :

* Perut..

Apa yang kita makan adalah merupakan dasar dari ketaqwaan kita terhadap Allah dengan kata lain merupakan foundasi bangunan terhadap keimanan kita
Jika fondasinya tidak bagus maka yang lainnya tentunya akan hancur atau runtuh.Perbuatan seseorang yang tidak mentaati Allah, dengan memasukkan makanan yang tidak halal, ibarat gedung tanpa fondasi..
Memakan makanan yang tidak halal berarti menghancurkan semua amal shaleh dan perbuatan baik kita.
Makanan haruslah berasal dari pendapatan yang halal sesuai syariah.
Dan makanan itu sendiri tentunya juga haruslah yang tidak melanggar ketentuan syariah.Kalau kita memperhatikan asupan makanan kita dengan menyediakan makanan yang halal , Insya Allah akan mempermudah kita dalam meningkatkan melakukan ibadah, karena mempunyai effect spiritual untuk mencapai keabadian yaitu al jannah.
Upayakan untuk tetap memperhatikan agar senantiasa memakan makanan yang halal.
Allah membangun tembok yang tebal bagi pelaksana riba, dan juga memusuhi siapa yang dicintainya.Tidak ada kata fleksibel..atau toleransi untuk hal-hal yang bersifat haram, haram is haram, gak ada area abu-abunya.

* Lidah

Gunanya lidah diciptakan adalah untuk mengekspresikan kata dengan cara berbicara.

Namun kebanyakan, lidah tidak dipergunakan dengan benar, dan akhirnya jatuh pada tindakan yang berakibat mengabaikan perintah dan menjauh diri dari Allah.Berbicaralah yang benar atau kalau tidak ya sebaiknya diam.
Belajarlah untuk mengendalikan lidah…karena lidah itu sangat berbahaya, seperti kata pepatah lidah tak bertulang dan lebih tajam dari pada pedang.
Ingatlan dosa yang diakibatkan oleh lidah yang akan membawa kita keneraka jahannam . Ngomongin orang alias ngegossip, memfitnah, berbohong, unless untuk menjaga hubungan baik suami istri
Beradu argument, bersumpah, menyindir, membicarakan aib seseorang, dsb.. Seharusnya dihindari, membicarakan yang baik aja dosa apalagi membicarakan yang benar………….nach lho….

* Mata

Diciptakan Allah untuk bisa dipergunakan oleh orang2 yang bijaksana dalam memanfaatkannya untuk melihat kedunia berikutnya, yaitu kehidupan setelah akhirat..
Jagalah pandangan mata, karena mata juga bisa melakukan zinah, yg lebih dikenal dengan jianah mata…
Untuk para hawa sebaiknya pakailah hijab semaksimal mungkin, karena tidak berhijab apalagi berpakaian seksi.. berarti kita ikut andil menciptakan zinah mata dan fikiran pada lawan jenis .

* Telinga

Diciptakan untuk mendengar firman Allah, berkomunikasi denganNya dan mendengar soal2 hal-hal yang sekiranya akan menuntun kita untuk mencapai jannatun nain or adnin barangkali whatever you named it .
Hindari untuk mendengarkan hal-hal yang tidak bermanfaat
Jika kita mendengar gosip maka kiat sama saja dengan bergosip…mendengar dan didengar sama saja…..so yang tak bermanfaat sebaiknay diabaikan saja…………Jika anda mendengar gosip sebaiknya cegahlah atau tinggalkan, so saya salah satu yangbersyukur infotainment di haramkan oleh fatwa MUI…Alhamdullilah..

* Tangan

Tangan bukanlah milik anda tapi dipinjamkan oleh Allah untuk melakukan sesuatu yang baik. Maka jika anda pergunakan untuk melakukan keburukan maka anda menyalah gunakannya.
Mencuri, menulis sesutu yang bertentangan dengan Islam, menipu ( mengurangi timbangan)
So pergunakan tangan hanya untuk kebaikan yang akan menuntun kita untuk kebaikans aja.

* Kaki

Diciptakan untuk melalukan sesuatu yang bermanfat demi ntuk ketaatan pada Allah swt.
Jadi berhati2lah kemana kaki berjalan untuk sesuatu tujuan yang berguna atau kebalikannya, jangan lupa ucapkan Bismillah ketika melangkah keluar rumah, Insya Allah setiap langkah akan berkah karena senantiasa dalm lindunganNya

* Kemaluan

Jagalah kemaluanmu dari hal2 yang tidak disukai Allah, jangan dekati zina.Kiranya jelas soal ini hanya halal bagi orang yang telah menikah, jika tidak mampu maka berpuasalah,hati2 dengan zina yang lainnya juga seperti mata, telinga, fikiran…..

artikel terkait :

lidah tak bertulang

ya allah kumpulkanlah aku dengan orang orang soleh