Bulgogi dalam bahasa Korea, Bul ( 불 ) adalah api, dan Gogi ( 고기 ) adalah daging, Bulgogi adalah masakan berbahan dasar daging sejenis barbekyu asal Korea. Bulgogi biasanya menggunakan daging sapi sirloin/has atau bagian daging yang bagus dari sapi, cara membuatnya pun tidak begitu sulit anda bisa membuatnya sendiri dirumah, bahan bahan yang perlu disiapkan adalah :

1. Untuk memasak, sediakan panggangan berbentuk plat datar, atau bisa gunakan penggorengan teplon.

2. Bahan dasar, berupa daging sapi yang bagus kira kira 500 gram.

3. Bumbu bulgogi, terdiri dari :
3 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
3 siung bawang merah, potong halus
1 buah bawang bombay, potong halus
1/3 cangkir (2 sendok makan) kecap manis
2 sendok makan minyak wijen
2 sendok makan madu
Lada hitam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok makan gochujang ( jika ada )/ bisa diganti saus cabai
1/2 sendok makan minyak wijen
garam secukupnya
# Gochujang = adalah pasta cabai untuk masakan Korea yang bahan utamanya adalah koji beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi secara tradisional, bisa dicari di toko yang menyediakan bumbu masakan korea.

4. Bahan bahan untuk penyajian terdiri dari daun selada, kimchi, nasi putih hangat, dan lain2nya sesuai dengan selera anda.
cara membuat:

1. Daging sapi diiris tipis tipis kira2 setebal kulit sapi lebih tipis sedikit, seperti hendak bikin dendeng sapi, bisa berbentuk segi empat atau persegi panjang, dengan ukuran kira kira 3 x 4 cm atau 2 x 4 cm, lalu dimemarkan dengan cara di pukul pukul.
2. Siapkan mangkok dan masukan semua bumbu Bulgoginya, aduk hingga tercampur rata.
3. Sediakan mangkuk atau wadah yang ada tutupnya, masukan daging yang sudah diiris tipis, tuangkan bumbu Bulgogi ke dalam daging tersebut dan campurkan dengan tangan hingga merata, tutup wadah atau mangkuknya rapat rapat dan diamkan antara 30 s/d 60 menit.
 4. Panaskan panggangngan atau wajan teplon, olesi sedikit mentega, dan panggang daging hingga matang dan daging siap untuk di hidangkan.
cara penyajiannya, ambil selembar daun selada, taruh di tangan ambil potongan dagingnya, kimchi( jika suka ) tambahkan sedikit saus/kecap atau sesuai dengan selera anda, lalu lipat daun selada dan siap di santap, lebih nikmat jika di temani dengan nasi putih yang pulen dan hangat.
selamat mencoba!!!